Wajibnya Sholat 5 Waktu

Sudah jelas tertulis dalam Al-Qur’an bahwa Allah mewajibkan sholat 5 waktu,
Allah berfirman :

إِنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا …

Sesungguhnya Sholat adalah fardhu (wajib) yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman (Surat An Nisa : 103)

Selain itu hadits Rasulullah Shollallaahu ‘alaihi wasallam yang menjadikan sholat sebagai salah satu pondasi Islam juga menunjukkan wajibnya sholat :

عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ : سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله وسلم يَقُوْلُ : بُنِيَ اْلإِسْلاَمُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّداً رَسُوْلُ اللهِ وَإِقَامُ الصَّلاَةِ وَإِيْتَاءُ الزَّكَاةِ وَحَجُّ الْبَيْتِ وَصَوْمُ رَمَضَانَ

[رواه الترمذي ومسلم]

Dari Abu Abdurrahman, Abdullah bin Umar bin Al-Khottob radiallahuanhuma dia berkata : Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Islam dibangun diatas lima perkara; Bersaksi bahwa tiada Ilah yang berhak disembah selain Allah dan bahwa nabi Muhammad utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, melaksanakan haji dan puasa Ramadhan. (Riwayat Turmuzi dan Muslim)

Bahkan sholat adalah pembeda antara muslim dan orang kafir :

Rasulullah shollallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :
“(Pembeda) antara seseorang dengan kekufuran adalah meninggalkan sholat”
(Hadits Riwayat Muslim, kitab Al Iman)

Untuk itulah, dalam keadaan dan kondisi apapun, janganlah tinggalkan sholat 5 waktu. Baik ketika sakit atau bepergian tetaplah tegakkan sholat. Ketika sakit Allah melalui lisan Rasulullah memberi keringanan dengan membolehkan sholat sambil duduk, tidur ataupun dengan isyarat saja.

Rasulullah bersabda :
Shalatlah kamu sambil berdiri, dan jika kamu tidak mampu, maka sambil duduk, dan jika tidak mampu, maka dengan berbaring”. (HR. Bukhari).

Sedangkan ketika bepergian, telah diberi keringanan dengan jama’ (mengumpulkan 2 waktu sholat) ataupun qoshor (meringkas roka’at sholat).

Jangan tinggalkan sholat, karena meninggalkan sholat adalah termasuk dosa besar setelah Syirik dan Membunuh seorang Muslim, seperti penjelasan Imam Adz Dzahaby dalam kitab Al Kabaa’ir.

Wallaahu a’lam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s